5 Hadis Rasulullah SAW yang Jelaskan Kondisi Umat Islam di Akhir Zaman

Berita39 Dilihat

VIVA Lifestyle – Nabi Muhammad SAW telah bersabda tentang kondisi umat Islam di akhir zaman. Beliau menggambarkan bahwa nantinya akan banyak fitnah, kemungkaran, dan kerusakan moral yang akan dihadapi seluruh umat Muslim.

Baca Juga :

Sederet Golongan Orang-orang yang Jasadnya Tidak Hancur dan Meninggalkan Aroma Wangi

Terkait kondisi umat Islam di akhir zaman nanti, sebelumnya Nabi Muhammad SAW telah memberikan pesan bahwa nantinya akan terjadi penurunan moral. Di mana banyak perilaku buruk dilakukan dan saling baku hantam antar sesama Muslim hanya untuk urusan dunia semata.

Sebenarnya terkait kondisi akhir zaman nanti sudah banyak tanda-tanda muncul mengungkap hal tersebut. Mulai dari tanda-tanda yang kecil hingga besar sekalipun. Seperti mengutip sebuah buku Fikih Akhir Zaman karya Dr. KH. Rachmat Morado Sugiarto, Lc., M.A. Al Hafizh yang menjelaskan, bahwa adapun tanda-tanda kecil yang dimaksud adalah tanda-tannda yang terjadi setelah Rasulullah SAW wafat. 

Baca Juga :

Habib Umar Ungkap Tanda Awal Munculnya Imam Mahdi, Gerhana Matahari di 15 Ramadhan?

Lebih lanjut, para ulama menyebutkan bahwa fitnah dimulai dengan terbunuhnya khalifah ke-2, Umar bi Khattab. Sedangkan tanda-tanda besar hari kiamat adalah tanda-tanda yanng akan terjadi sanngat berdekatann dengan hari kiamat. 

Lantas, sebenarnya hadis apa saja yang menjelaskan terkait kondisi riil akhir zaman nanti? Scroll untuk baca artikel selengkapnya dihimpun dari berbagai sumber;

Baca Juga :

3 Daerah Bakal Ditalukkan Umat Islam Sebelum Munculnya Dajjal

Hilangnya Rasa Malu

Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW bersabda, “Demi jiwaku yang ada di tangan-Nya tidak hancur umat ini sehingga (datang satu masa) seorang lelaki mendatangi perempuan kemudian ia menghamparkan kasur untuknya di jalanan (untuk berzina). Kemudian datang seorang pilihan/mulia dari kaum itu mengatakan: Wahai fulan andai engkau menyembunyikannya di balik tembok ini”. (HR Ahmad)

Baca Juga  Pengganti Pep Guardiola di Manchester City, Semifinal Membara Denmark Open 2023

Tak Peduli Halal Haram

Seperti diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda di mana artinya ini sebagai berikut;

“Akan datang kepada manusia suatu zaman (ketika) seseorang tidak lagi memperdulikan halal atau haram harta yang dia ambil. (HR. Bukhari)

Ilustrasi pasangan bercinta.

Hilangnya Rasa Malu untuk Berzina

Rasulullah SAW bersabda, “Akan muncul dari umatku beberapa kaum, mereka menghalalkan zina, sutra, khamar, dan alat-alat musik. Dan sungguh akan tinggal beberapa kaum di samping gunung, datang di sore hari kepada mereka penggembala ternaknya dengan hewan piaraannya – yaitu orang fakir – karena ada hajat. Mereka mengatakan: Kembalilah engkau besok hari, maka Allah menyiksa mereka, meletakkan gunung di atas mereka. Dan merubah yang lainnya menjadi kera-kera dan babi-babi sampai hari kiamat.” (HR Bukhari)

Banyak Umat Muslim Nanti Berperilaku Seperti Keledai

Hadis berikut ini soal umat Muslim  yang nantinya akan berperilaku layaknya seorang keledai. Diriwayatkan dari An-Nawwas bin Sam’an. Dikatakan dalam hadits panjang ini, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Yang tersisa hanyalah manusia-manusia jahat yang membuat huru hara di bumi seperti perilaku keledai. Pada merekalah hari kiamat terjadi.” (HR. Muslim)

Bersikap Dengki dan Suka Bermewah-mewahan

Di akhir zaman nanti, umat Muslim akan memiliki sikap dengki hingga suka bermewah-mewahan. Diketahui dalam sebuah hadis, juga disampaikan mengenai penyakit yang akan menimpa umat Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, dia mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Umatku akan ditimpa penyakit yang juga menimpa umat-umat sebelumnya.” Lalu mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, penyakit apa itu?” Kemudian beliau SAW bersabda, “Sombong, angkuh, bermewah-mewahan, bermusuh-musuhan dalam urusan dunia, saling membenci dan saling dengki hingga kelewat batas.” (HR Al-Hakim)

Baca Juga  Unveiling Bali's Culinary Gem, Unforgettable Food Experiences

Mengkuti Kebiasaan Pemeluk Agama Lain

Dari Abu Said al-Kudri dari Nabi SAW bersabda, “Kalian akan mengikuti kebiasaan-kebiasaan orang-orang sebelum kalian, sejengkal demi sejengkal, sedepa demi sedepa. Sehingga apabila mereka masuk lubang biawak kalian akan mengikutinya”. Kami bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah mereka Yahudi dan Nasrani?” Nabi menjawab, “Siapa lagi?” (HR Bukhari)

Banyak Orang Muslim  Dibuat Murtad

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Segerakanlah beramal sebelum terjadinya fitnah-fitnah seperti potongan-potongan malam yang gelap. Di pagi hari seorang lelaki beriman, namun di sore harinya menjadi kafir. Atau di sore harinya ia beriman, esok paginya ia menjadi kafir. Ia menjual agamanya dengan barang dunia.’ (HR Muslim)

Munculnya Fitnah Dajjal

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan terjadi hari kiamat sampai diutus para dajjal (kecil), para pendusta, jumlahnya hampir 30 orang, seluruhnya mengaku dirinya utusan Allah.” (HR Muslim dan lainnya)

Halaman Selanjutnya

Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW bersabda, “Demi jiwaku yang ada di tangan-Nya tidak hancur umat ini sehingga (datang satu masa) seorang lelaki mendatangi perempuan kemudian ia menghamparkan kasur untuknya di jalanan (untuk berzina). Kemudian datang seorang pilihan/mulia dari kaum itu mengatakan: Wahai fulan andai engkau menyembunyikannya di balik tembok ini”. (HR Ahmad)

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *