6 Event Olahraga Internasional Sukses Digelar di Indonesia pada 2023, Apa Saja?

Berita178 Dilihat

Jakarta – Tahun 2023 menjadi tahun gemilang bagi Indonesia sebagai tuan rumah event-event olahraga bertaraf internasional.

Baca Juga :

Keasyikan Nge-Gym, Kepala Deddy Corbuzier Bocor Sampai Dilarikan ke UGD

Kesuksesan tersebut tentu akan semakin menambah peluang bagi Indonesia untuk kembali menjadi tuan rumah pada gelaran event  internasional di tahun-tahun berikutnya.

Kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah ajang olahraga internasional seperti melalui Piala Dunia Basket atau FIBA World Cup, Piala Dunia U 17 atau FIFA World Cup U-17 hingga dua ajang yang sudah masuk menjadi kalender rutin diselenggarakan di Indonesia yaitu Indonesia Open, IFSC Climbing World Cup atau Piala Dunia Panjat Tebing seri Jakarta, Formula E dan MotoGP.

Baca Juga :

Jangan Abai, Ketahui 5 Tips Menjaga Kesehatan Jelang Libur Tahun 2024

1. Piala Dunia Basket 2023 (25 Agustus – 10 September 2023)

Timnas Jerman juara Piala Dunia Basket 2023

Baca Juga :

Kapolri Sebut Akan Permudah Perizinan Kegiatan Masyarakat dengan Cara Online

Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah bersama dengan Jepang dan Filipina pada gelaran Piala Dunia Basket 2023. Gelaran FIBA World Cup di Indonesia dilangsungkan di Indonesia Arena, komplek Gelora Bung Karno, Jakarta sejak 25 Agustus hingga 3 September lalu.

Meski timnas Indonesia tidak tampil pada ajang tersebut, namun penyelenggaraan Piala Dunia Basket 2023 yang dilangsungkan di Jakarta tersebut mencatatkan rekor jumlah penonton terbanyak di pertandingan babak penyisihan.

Berdasarkan data hasil penjualan tiket selama 10 hari penyelenggaraan, jumlah penonton dua babak kualifikasi FIBA World Cup 2023 di Jakarta mencapai total 139.032 orang. Jika ditambah dengan tamu FIBA, sponsor, dan undangan, maka total jumlah penonton bisa mencapai hampir 150.000 orang.

Angka ini merupakan yang paling tinggi di antara penonton yang menghadiri pertandingan babak penyisihan Piala Dunia FIBA 2023 di dua lokasi penyelenggara lainnya, yaitu di Okinawa Jepang dan Manila Filipina.

Ada dua pertandingan yang mencatatkan jumlah penonton terbanyak selama 10 hari perhelatan, yaitu pada partai pembuka dan partai penutupan babak kedua kualifikasi grup.

Di laga pembuka babak penyisihan Grup H, mempertemukan Kanada dan Prancis pada 25 Agustus dihadiri oleh 12.091 penonton dan menjadi pertandingan kedua terbanyak yang dihadiri penonton selama pelaksanaan.

Sementara pertandingan yang ditonton secara langsung terbanyak ada di laga pamungkas babak kedua kualifikasi Grup L, antara Kanada melawan Spanyol pada 3 September dengan jumlah 13.146 penonton.

Baca Juga  4 Fakta Bali United Dibantai 5 Gol oleh Lee Man FC

2. Piala Dunia U-17 (10 November-2 Desember)

Suporter berburu merchandise Piala Dunia U-17

Suporter berburu merchandise Piala Dunia U-17

Indonesia untuk pertama kali ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Ajang yang dikhususkan untuk pemain usia di bawah 17 tahun tersebut dilaksanakan di Surabaya, Solo, Bandung dan Jakarta.

Turnamen yang melibatkan sebanyak 24 tim dan terbagi menjadi enam grup itu menuai apresiasi dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Bahkan belum genap selama dua Minggu penyelenggaraan, Piala Dunia U-17 Indonesia telah melampaui target penjualan tiket penonton yang ditetapkan FIFA.

Dalam fase babak 16 besar sebanyak 514.000 tiket telah terjual. Dengan jumlah itu, maka rata-rata tingkat keterisian stadion di setiap pertandingan, yaitu total 44 pertandingan sejauh ini, adalah sekira 11.681 penonton. Target yang diberikan FIFA sendiri adalah 10.000 penonton per pertandingan.

Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi sektoral melalui perputaran uang senilai Rp305 miliar.

3. IFSC Climbing World Cup (6-7 Mei)

Ketum KOI, Raja Sapta Oktohari (kanan), bersama juara IFSC Climbing World Cup

Ketum KOI, Raja Sapta Oktohari (kanan), bersama juara IFSC Climbing World Cup

Gelaran IFSC Climbing World Cup atau Piala Dunia berlangsung untuk kali kedua di Jakarta.

Dalam gelaran tersebut, para atlet Indonesia melampaui target yang ditetapkan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), yang hanya menargetkan untuk mempertahankan prestasi di gelaran IFSC Climbing World Cup Seoul dengan memperoleh satu emas dan satu perunggu.

Namun, kontingen Indonesia telah mempersembahkan satu emas, satu perak dan satu perunggu di ajang yang berlangsung di Jakarta tersebut.

Nama-nama atlet Indonesia yang meraih medali di IFSC World Cup 2023 Jakarta ini adalah Raharjati Nursamsa dengan medali emas nomor speed putra, Desak Made Rita Kusuma Dewi yang meraih perak nomor speed putri, dan Kiromal Katibin yang meraih perunggu di nomor speed putra.

4. Indonesia Open 2023 (13-18 Juni)

Anthony Sinisuka Ginting, runner-up Indonesia Open 2023

Anthony Sinisuka Ginting, runner-up Indonesia Open 2023

Indonesia Open yang telah masuk ke dalam kalender BWF Super Series sejak tahun 2007 tersebut menjadi ajang turnamen bulutangkis rutin yang diselenggarakan di Indonesia setiap tahunnya.

Meski berstatus sebagai tuan rumah, Indonesia gagal memperoleh medali emas di gelaran Indonesia Open tahun ini. Satu-satunya prestasi gemilang yang diperoleh Indonesia yaitu medali perak yang dipersembahkan oleh Anthony Ginting yang harus puas mengakui keunggulan Viktor Axelsen di babak final tunggal putra.

Baca Juga  Jokowi 'Backup' Raja Yordania Dorong Perdamaian dan Kemerdekaan Palestina

Gelaran Indonesia Open 2023 juga menjadi perpisahan untuk venue Istora, Senayan, Jakarta. Pasalnya Stadion berkapasitas 7.000 penonton tersebut tidak akan digunakan lagi di gelaran Indonesia Open 2024. Indonesia Open 2024 sendiri akan dilangsungkan di venue Indonesia Arena, Jakarta.

5. Formula E (4-5 Juni 2023)

Ajang balap Formula E 2023

Ajang balap Formula E 2023

Indonesia dipercaya untuk menggelar dua seri dalam satu tahun kalender Formula E. Dalam seri 10 dan 11 yang dilangsungkan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta tersebut sebanyak 40.000 tiket telah terjual.

Di musim kesembilan tersebut, gelaran Formula E juga memecahkan rekor pertumbuhan basis penggemar (fanbase) mereka.

basis penggemar internasional Formula E meningkat 17 persen year-on-year (YoY) menjadi 344 juta, melampaui capaian NASCAR untuk menjadi ajang motorsport terbesar keempat.

Namun di tahun 2024 mendatang, Jakarta tidak akan masuk ke dalam kalender Formual E seri kesepuluh dikarenanakan bertabrakan dengan masa Pemilu 2024.

6. MotoGP Mandalika (14-15 Oktober)

MotoGP Mandalika Tuai Kesuksesan

MotoGP Mandalika Tuai Kesuksesan

Gelaran MotoGP Mandalika yang berlangsung di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, telah menjadi agenda tahunan yang masuk ke dalam kalender MotoGP.

Di tahun ini, gelaran MotoGP Mandalika diestimasikan telah menghasilkan perputaran uang mencapai Rp 914 miliar.

Adapun gelaran seri ke-16 dalam kalender MotoGP 2023 tersebut meraup hasil penjualan tiket sebesar Rp73 miliar serta pengeluaran (spending) wisatawan yang mencapai kurang lebih Rp841 miliar.

Selama penyelenggaraan MotoGP 2023, Bandara Lombok telah melayani sebanyak 49.344 pergerakan penumpang pada periode 11-16 Oktober 2023, dengan rata-rata harian mencapai 8.224 penumpang per hari.

Di tahun 2024 selain gelaran event Indonesia Open dan MotoGP yang telah masuk dalam kalender event rutin, Indonesia juga akan menggelar ajang biliar internasional bertajuk Indonesia International Open 2024 yang berlangsung pada 21 hingga 25 Januari 2024.

Lalu di tahun 2024, Indonesia akan menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara yang akan berlangsung pada 8 September 2024.

Kesuksesan penyelenggaraan event internasional di tahun 2023 juga meningkatkan posisi biding Indonesia di sejumlah event termasuk gelaran UFC hingga Piala Dunia Voli. (Ant)

Halaman Selanjutnya

Angka ini merupakan yang paling tinggi di antara penonton yang menghadiri pertandingan babak penyisihan Piala Dunia FIBA 2023 di dua lokasi penyelenggara lainnya, yaitu di Okinawa Jepang dan Manila Filipina.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *