Belum Ada Satupun Investor Masuk IKN

Berita314 Dilihat

Jumat, 22 Desember 2023 – 20:51 WIB

Jakarta – Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, menanggapi pernyataan Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, soal pembangunan di IKN Nusantara. Sebelumnya Gibran mengatakan bahwa pendanaan pembangunan IKN tidak semuanya berasal dari APBN melainkan dari investasi dari swasta dan luar negeri.

Baca Juga :

3 Strategi Mahfud MD Genjot Perdagangan Internasional RI

Mahfud mengatakan, meskipun dirinya sangat tertarik tentang IKN, namun Mahfud mengaku sempat tergelitik karena Gibran mengatakan anggaran untuk IKN hanya 20 persen dari APBN, sementara sisanya dari investor.

“Sejauh yang kita baca, sampai sekarang belum ada satupun investor yang masuk ke sana,” kata Mahfud dalam debat Cawapres, di JCC Senayan, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023.

Baca Juga :

Cek Fakta: Gibran Sebut Cak Imin Pernah Ikut Potong Tumpeng Peresmian IKN

Gibran Rakabuming Raka Debat Cawapres Pemilu 2024

“Coba kalau ada sebutkan, misalnya satu atau dua investor mana yang sudah masuk ke sana,” ujarnya.

Baca Juga :

Usai Debat Cawapres, Anies-Cak Imin hingga Ketum Parpol Koalisi Perubahan Diundang ke Rumah JK

Alih-alih marak investor yang masuk berinvestasi ke IKN, Mahfud mengaku justru mendengar bahwa ada ratusan hektare tanah di sekitar IKN, yang saat ini sudah dikuasai oleh pengusaha-pengusaha tertentu.

“Nah, saya setuju, ke depannya itu agar ngundang investor IKN harus diteruskan, tetapi pendanaannya harus sesuai dengan tujuan semula, bahwa itu sebenarnya mengundang investor,” kata Mahfud.

“Tapi sekarang ini yang sudah jadi itu semuanya dari APBN. Sehingga memang diperlukan langkah-langkah perbaikan, agar warisan baik Presiden Jokowi ini bisa kita lanjutkan,” ujarnya

.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *