Elektabilitas Anies Turun Usai Deklarasi Bareng Cak Imin, Prabowo Masih Perkasa

Berita568 Dilihat

Senin, 2 Oktober 2023 – 14:50 WIB

Jakarta – Hasil survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan elektabilitas bakal calon presiden atau bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan menurun usai deklarasi bersama Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai bakal cawapresnya.

Baca Juga :

Ganjar Masih Unggulan di Jatim, Meski Anies-Cak Imin Deklarasi

Dalam temuan LSI Denny JA, bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto menempati posisi pertama dalam simulasi tiga nama bacapres. Lalu, bacapres dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo di urutan kedua.

3 bakal capres yang berpotensi maju di Pilpres 2024

Baca Juga :

Jubir Prabowo Respons Ketum Hanura Oso: Mari Berkompetisi dengan Baik, Bukan Mengejek

Pun, selisih perbedaan antara Prabowo dengan Ganjar cuma 2 persenan. Berbeda jika Prabowo dengan Anies cukup jauh karena terpaut 15 persen. Begitu juga Ganjar dengan Anies yang berselisih 13 persen.

“Prabowo Subianto masih perkasa ya, di urutan pertama di angka 39,8 persen. Kemudian, disusul dengan Pak Ganjar Pranowo capres dari PDI Perjuangan dengan angka 37,9 persen. Selisih tipis ya, tidak terlalu signifikan sekitar 2 persen. Pak Anies sendiri di angka 14,5 persen,” kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby dalam paparannya secara daring, Senin, 2 Oktober 2023.

Baca Juga :

Cak Imin: Dua Poros, Tiga Poros, Bahkan Empat Poros Pun Kita Sangat Senang

Adjie juga menuturkan tren elektabilitas Anies terus menurun meski sudah deklarasi bareng Cak Imin.

“Ada perubahan-perubahan yang terjadi hampir setiap bulan. Selama enam kali kita lakukan survei dari Januari, Mei, Juni, Juli, Agustus dan September 2023,” jelas Adjie.

Merujuk data per Januari 2023, Ganjar unggul dengan perolehan suara 37,8 persen, Prabowo 25,4 persen dan Anies 22,1 persen. Namun, elektabilitas Prabowo kian meningkat, mulai dari bulan Mei hingga September 2023.

Baca Juga  Timnas Amin Pede Pilpres Dua Putaran, Syaugi: Dua Putaran yang Realistis

“Prabowo ada kenaikan 14,4 persen, Ganjar Pranowo ada kenaikan 0,1 persen. Sementara, Anies Baswedan penurunan 7,6 persen. Tren penurunannya ironisnya terjadi setelah deklarasi capres-cawapres pasangan AMIN,” tutur Adjie.

Bacapres Prabowo Subianto di kampus UGM Yogyakarta

Bacapres Prabowo Subianto di kampus UGM Yogyakarta

Photo :

  • YouTube Universitas Gadjah Mada

Dia bilang pasca Anies-Cak Imin deklarasi di Surabaya, Jawa Timur pada 2 September, LSI Denny JA melakukan survei.

“Jadi, deklarasinya tanggal 2 September 2023, kita lakukan survei tanggal 4 sampai 12 September 2023, memang kita melihat ada tren penurunan suara Pak Anies secara personal,” lanjut Adjie.

Adapun survei LSI Denny JA itu dilakukan pada periode 4 sampai 12 September 2023. Kemudian, survei itu menghasilkan margin of error sebesar kurang lebih 2,9 persen. Data ini juga dilengkapi dengan hasil survei dan data riset kualitatif.

Metodologi survei menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden 1.200 responden.

Lalu, teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Halaman Selanjutnya

Merujuk data per Januari 2023, Ganjar unggul dengan perolehan suara 37,8 persen, Prabowo 25,4 persen dan Anies 22,1 persen. Namun, elektabilitas Prabowo kian meningkat, mulai dari bulan Mei hingga September 2023.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *