Jadwal Operasional Pelabuhan di Banten Periode Mudik Idul Fitri 2024

Berita18 Dilihat

Rabu, 27 Maret 2024 – 20:00 WIB

Banten – Agar tidak salah menggunakan pelabuhan saat arus mudik Idul Fitri 2024, pemudik harus memperhatikan dan mengingat jadwal operasional pelabuhan. Termasuk yang berada di daerah Banten. 

Baca Juga :

Kemenkeu, Kemenhub, Kemenkes, dan Bank Mandiri Berkolaborasi Pangkas Transaksi di Pelabuhan

Dalam arus mudik Idul Fitri 2024, setidaknya ada tiga pelabuhan yang bakal digunakan, yakni, Merak dan Ciwandan di Kota Cilegon. Kemudian Pelabuhan Bandar Bakau Jaya di Kabupaten Serang, Banten.

Pelabuhan Merak, akan menerima kemudian pejalan kaki, kendaraan roda empat pribadi, bus dan minibus. Kemudian Pelabuhan Ciwandan, melayani pemudik sepeda motor, kendaraan golongan VIII dan VII. Sedangkan Pelabuhan BBJ, khusus kendaraan golongan VIII dan IX.

Baca Juga :

Jakarta Lebaran Fair Bakal Temani Hari Libur, Ada Apa Saja?

Mengutip dari Instagram resmi @humaspoldabanten dan @ditlantaspoldabanten, pemilahan oeprasional pelabuhan selama mudik Idul Fitri, berlaku sejak 03-09 April 2024, mulai pukul 00.00 wib.

Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik Menuju Pelabuhan Bakuheni

Baca Juga :

Pertamina Jamin Produksi dan Pasokan Energi Periode Mudik Lebaran Aman, Begini Strateginya

Operasional truk dan kendaraan besar lainnya juga bakal dibatasi di jalan arteri maupun tol, berlaku sejak 05-16 April 2024.

“Di dalam SKB dari tanggal 05-16 (April 2024) steril, tidak boleh beroperasional di jalur tol maupun arteri, kecuali mengangkut sembako, BBM, dan semuanya termuat di SKB tersebut,” ujar AKBP Kukuh Priyo Taruno, Wadirlantas Polda Banten, dalam diskusi di Astra Infra Tol Tangerang Merak, Rabu, 27 Maret 2024.

Jika ada kendaraan yang membandel, polisi bakal bertindak tegas, yakni memutar balikkan atau menyuruh kendaraan masuk ke lahan parkir yang sudah disiapkan hingga batas waktu yang ditentukan sesuai SKB pemerintah.

“Masih ngeyel, kita keluarkan di pintu terdekat kemudian kita masukan ke kantong parkir sampai tanggal 16 April selesai diberlakukan baru diperbolehkan jalan, kecuali yang di bolehkan di SKB,” terangnya.

Selama arus mudik Idul Fitri 2024, cuaca di Pelabuhan Merak diperkirakan bakal baik, sehingga pemudik diharapkan bisa lancar saat menyebrang dan melakukan perjalanan pulang kampung.

Ketika cuaca di Selat Sunda baik, diharapkan arus penyeberangan menjadi lancar dan tidak ada penumpukan kendaraan hingga keluar Pelabuhan Merak.

“Misalkan el nino juga sudah mulai turun, normal, angin barat juga mudah-mudahan sudah mulai normal, karena kebanyakan untuk daerah Banten itu angin monsun yang banyak berperan untuk ombak laut, arus laut nya juga, kita berharap untuk arus mudik 2024 ini kemungkinan intensitas cuaca akan lebih menurun,” ujar Anton, Kepala BMKG Serang, di tempat yang sama.

Halaman Selanjutnya

Jika ada kendaraan yang membandel, polisi bakal bertindak tegas, yakni memutar balikkan atau menyuruh kendaraan masuk ke lahan parkir yang sudah disiapkan hingga batas waktu yang ditentukan sesuai SKB pemerintah.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *