Khawatir AS-Tiongkok dan Posisi IKN, Ganjar Pranowo Siapkan Sistem Senjata Super Canggih

Berita119 Dilihat

Minggu, 7 Januari 2024 – 19:57 WIB

Jakarta – Ganjar Pranowo, capres nomor urut 3, dalam debat capres menyinggung terkait dengan sistem pertahanan. Dia mengatakan, bahwa harus dilapisi dengan berlapis, sistem pertahanan Indonesia.

Baca Juga :

Prabowo Soal Alutsista Bekas: Bukan Soal Bekas Tidak Bekas, Tapi Usia Pakai

Karena menurutnya, sistem pertahanan berlapis harus menjadi benteng pertahanan nusantara sebagai sebuah kesatuan. Ganjar juga mengatakan, perlu dilakukan penataan gelar pasukan. 

“Karena IKN menjadi pusat grafitasi baru dan ini bagian dari antisipasi tarung global antara AS dan Tiongkok,” kata Ganjar Pranowo, dalam debat, Minggu 7 Januari 2024.

Baca Juga :

Ganjar-Anies Kompak Tolak Alutsista Bekas, Tak Ingin Korbankan Keselamatan Prajurit TNI

Melihat kondisi tersebut, lanjut Ganjar, adalah dengan mempersiapkan pertahanan yang kuat dan tangguh. Termasuk, teknologi pertahanan yang menurut Ganjar, sudah harus super moderen.

“Untuk itulah pertahanan kita masuk pada wilayah 5.0 dengan teknologi sakti dengan rudal hipersonik, senjata siber, sensor kuantum dan sistem senjata otonom,” jelas Ganjar.

Baca Juga :

Tangkisan Prabowo soal Tudingan Anies Banyak ‘Orang Dalam’ di Proyek Alutsista Kemhan

Tetapi sistem pertahanan seperti itu bisa dikembangkan, ketika anggaran yang disiapkan oleh negara, juga harus disiapkan. Sebab, lanjut Ganjar, dia khawatir dengan kondisi yang terjadi terkait situasi global tersebut.

“Dan itu bisa dilakukan karena anggaran Kemenhan itu 1-2 persen dari PDB,” katanya.

Dengan begitu, lanjut dia, minimum pertahanan kita bisa tercapai. “Karena ini yang mengerikan di 2024 saya khawatir tidak akan tercapai,” katanya.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan debat peserta pilpres sebanyak lima kali. KPU telah menggelar debat sebanyak dua kali yakni yang pertama pada 12 Desember dan debat kedua pada 22 Desember 2023 lalu.

Baca Juga  Daftar Lengkap Skuad Indonesia di BATC 2024, Siapa Saja Lawannya?

Hari ini, Minggu, 7 Januari 2024, KPU menggelar debat ketiga yakni debat untuk capres di Istora Senayan, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat. Adapun tema debat ketiga yakni Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik, dan Politik Luar Negeri.

Halaman Selanjutnya

Dengan begitu, lanjut dia, minimum pertahanan kita bisa tercapai. “Karena ini yang mengerikan di 2024 saya khawatir tidak akan tercapai,” katanya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *