Piala AFC Akan Dihapus dan Ada Tiga Level Kompetisi, AFC Perkenalkan Format Kejuaraan Antarklub yang Baru

Berita371 Dilihat

Suara.com – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) belakangan ini membuat kejutan baru. Mereka telah memperkenalkan format kejuaraan antarklub Asia terbaru yang akan berlaku pada musim 2024/2025.

Berdasarkan format kejuaraan antarklub terbaru yang disodorkan AFC, nantinya kejuaraan Piala AFC bakal dihapuskan. Namun, AFC justru menghadirkan tiga level kompetisi yang berbeda pada musim terbaru.

Melalui rilis resmi yang disampaikan pada Selasa (15/8/2023), AFC memutuskan untuk merestrukturisasi kejuaraan antarklub di Asia menjadi tiga kasta.

Nantinya, kompetisi paling elite diberi nama AFC Champions League Elite (ACLE). Kejuaraan di level tertinggi itu nantinya bakal diikuti sebanyak 24 klub peserta terbaik di Asia.

Baca Juga:Bali United Ingin Bantu Persija Ikut Piala AFC 2023-2024, Bagaimana Caranya?

Sementara itu, untuk kasta kedua, AFC telah memutuskan untuk memberi namanya dengan AFC Champions League 2 (ACL2). Nantinya, kejuaraan level kedua ini bakal diikuti sebanyak 32 tim dari Asia.

Adapun untuk kasta ketiganya yang akan melibatkan persaingan 20 tim asal Asia, kejuaraan bernama AFC Challenge League (ACGL).

“AFC mengumumkan tiga kompetisi klub baru yang akan berlaku pada 2024-2025! (yakni) AFC Champions League Elite (24 klub), AFC Champions League 2 (32 klub), AFC Challenge Cup (20 klub),” tulis rilis resmi AFC, dikutip dari akun Twitter resminya @theafcdotcom, Selasa (15/8/2023).

Format Kompetisi ACLE

Jika melihat penjelasan media asal Vietnam, Soha.vn, AFC Champions Elite akan diikuti 24 tim yang dibagi menjadi 12 tim di wilayah barat dan 12 tim lainnya untuk wilayah timur.

Baca Juga:PBSI Targetkan Dua Gelar Juara di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023

Setiap tim di masing-masing wilayah akan memainkan delapan pertandingan, yang terdiri dari kandang dan tandang.

Baca Juga  Syahnaz Sadiqah Tetap Tersenyum meski Mencoba Menghindari Awak Media, Pakar Ekspresi: Jangan Ketipu sama Senyum Basa-basinya

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *