Ular Besar Masuk Rumah Warga Akibat Kedinginan, Kok Bisa?

Berita74 Dilihat

Selasa, 13 Februari 2024 – 15:03 WIB

Jakarta – Selama musim dingin di British Columbia, Kanada, seorang warga menemukan seorang ular di dalam rumahnya. Tim ahli satwa liar di daerah tersebut kemudian merawat ular jenis gopher great basin yang memilih untuk masuk ke rumah warga daripada brumasi atau tidur selama musim dingin.

Baca Juga :

Pemerintah Beri Bantuan Rp 30 Milliar Buat Petani Terdampak Banjir di Jawa Tengah, Ini Rinciannya

Dilansir dari Upi.com, Selasa, 13 Februari 2023, pihak Interior Wildlife Rehabilitation menyatakan bahwa ular tersebut memang asli dari daerah itu dan ditemukan dalam keadaan aktif di sebuah rumah di Okanagan, Kanada.

Pusat rehabilitasi mengatakan ular itu akan dilepaskan ke luar dekat tempat ia ditemukan setelah suhu cukup hangat untuk bertahan hidup. 

Baca Juga :

Bule Kanada Ingin Anaknya Dibesarkan di Indonesia karena Alasan Agama: Islam Adalah Pilihan Terbaik

Eva Hartmann, pendiri organisasi tersebut, mengatakan pusat rehabilitasi harus mendapatkan izin khusus dari otoritas provinsi tersebut untuk merawat ular itu, karena ular gopher great basin dianggap sebagai spesies yang terancam. 

Baca Juga :

Ibu Hamil Tewas Setelah Melahirkan, Hewan Berlidah Ini Jadi Biang Keroknya

“Jika populasi ular lokal kita terus terancam oleh tekanan manusia (pembangunan perkotaan, pertanian, kendaraan), mereka bisa menghadapi kepunahan dan hilang dari kawasan ini selamanya,” ujar Eva mengutip dari vernonmoningstar.com.

Ada tujuh spesies ular yang menghuni Okanagan.  “Orang-orang yang memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih memahami ular menganggap ular sebagai hewan yang menarik,” katanya lagi.

Kejadian serupa juga terjadi di depot rumah di Kapolei, Honolulu, Hawaii.  Departemen Kepolisian Honolulu yang menerima panggilan 911 dari karyawan di sebuah toko sekitar pukul 11 ​​​​malam yang menemukan seekor ular gopher yang berada di kontainer pengiriman barang.  

Baca Juga  Bersiap Rujuk dengan Rendy Kjaernett, Dokter Richard Lee Sebut Lady Nayoan dapat 'Muzizat'

Ular tersebut berukuran panjang sekitar 21 inci atau sekitar 53 cm, dan telah diidentifikasi oleh para ahli reptil sebagai ular gopher remaja yang tidak berbisa.

Ular dengan nama ilmiah Pituophis catenifer adalah spesies ular colubrid tidak berbisa yang berasal di Amerika Utara.  Ular ini sering disalahartikan dengan ular derik, namun dengan mudah ular gopher ini bisa dibedakan dari ular derik karena tidak adanya garis hitam putih di ekornya, dan dari bentuk kepalanya yang lebih kecil dibandingkan ular derik. 

Ular Gopher ini bisa ditemukan di berbagai habitat termasuk padang rumput, hutan, halaman belakang rumah, kebun, dan lahan pertanian.

Halaman Selanjutnya

Ada tujuh spesies ular yang menghuni Okanagan.  “Orang-orang yang memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih memahami ular menganggap ular sebagai hewan yang menarik,” katanya lagi.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *