Warna Alam Pengaruhi Psikologis, Bisa Mengurangi Stres

Berita34 Dilihat

Selasa, 12 Maret 2024 – 05:02 WIB

Jakarta – Tren warna bernuansa alam diyakini akan semarak karena dapat memberikan kesan ketenangan, menghadirkan keseimbangan, mewakili kehidupan dan kesederhanaan, tetapi tetap elegan.

Baca Juga :

5 Tips Pakai Kuteks Biar Gak Beleberan, Udah Kayak Profesional

Menurut Principal Designer of Grace Hartanti Design Lab, Grace Hartanti, warna bernuansa alam dapat memberikan rasa rileks dan kesan terbuka untuk menerima pesan-pesan spiritual dan refleksi yang disampaikan terutama selama bulan Ramadan.

“Warna-warna alam seringkali dikaitkan dengan kehidupan yang berkelanjutan dan siklus alam yang terus berlanjut. Dalam konteks Ramadan, ini bisa menjadi pengingat tentang pentingnya siklus ibadah dan pertumbuhan spiritual,” ujarnya di Jakarta.

Baca Juga :

Temukan Granat Nanas di Tempat Praktik Spiritual, Warga Tangsel Dikenakan UU Darurat

Ia menambahkan, jika penggunaan warna-warna alam dalam desain interior maupun eksterior bangunan tentu saja dapat membawa dampak psikologis yang signifikan terhadap penghuni.

Dampak tersebut di antaranya mampu meningkatkan kesejahteraan emosional, mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi serta produktivitas, mengurangi rasa kelelahan, meningkatkan koneksi dengan alam sehingga dapat membantu penghuninya merasa lebih terhubung dengan alam dan lingkungan sekitar.

Baca Juga :

Polisi Ungkap Praktik Spritual di Rumah Warga Tangsel, Sita Granat dan Peluru

Sementara itu, Principal Designer Suasana Studio, Aghnia Fuad, memaparkan bahwa poin penting untuk menciptakan suasana yang tepat pada suatu ruang adalah pada pemilihan warna cat.

“Walaupun perbedaannya sangat tipis, tapi pemilihan warna yang kurang tepat sangat berpengaruh pada hasil akhir suatu ruang,” tuturnya.

Ilustrasi sakit kepala, putus asa, depresi, pusing, stres.

Ilustrasi sakit kepala, putus asa, depresi, pusing, stres.

Ilustrasi sakit kepala, putus asa, depresi, pusing, stres.

Apa yang disampaikan Grace dan Aghnia adalah bagian dari peluncuran tren warna Ramadan 2024 dengan mengusung empat tema utama, yaitu

Baca Juga  Anies Baswedan Sebut Anggaran Rp400 Triliun Pembangunan IKN Lebih Baik untuk Pendidikan

Find Calm, Find Balance, Find Freedom

, dan

Find Renewal

.

Find Calm, menawarkan pilihan warna netral untuk hasil yang memberikan rasa tenang pada ruangan. Kemudian, Find Freedom, memberikan referensi warna-warna cerah dan ceria yang memancarkan warna kekinian dan segar.

Selanjutnya, Find Balance, sangat cocok bagi yang mengutamakan elegan dalam ruangan lewat pilihan warna yang seimbang. Terakhir, Find Renewal, menyuguhkan warna-warna hijau kebiruan dari alam bahari yang memberikan nuansa pembaruan.

Tren warna Ramadan tersebut diusung oleh perusahaan cat asal Jepang, Nippon Paint. “Tahun ini, kami menghadirkan atmosfer alam dalam momen Ramadan, yang bisa menjadi pilihan menakjubkan untuk menciptakan ruang yang tenang, damai, dan mendukung refleksi spiritual,” ungkap General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, Mark Liew.

Halaman Selanjutnya

Source : Pixabay/ lukasbieri

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *